Minggu, 26 Oktober 2008

CINA BUAT DUNIA KAGUM


Mungkin kalau membaca judul diatas terkesan kok rasis amat. Tapi, ini kan blog saya. Saya berhak megemukakan apa saja pendapat saya ^^ .

Ini dimulai dari tanggal 8 Agustus 2008 sewaktu pembukaan Olympiade Beijing. Pembukaan ini merupakan terbesar sepanjang sejarah. Diisi dengan pagelaran tarian yang menunjukkan kebudayaan Cina selama hampir 5000 tahun, dari zaman prasejarah sampai masa dimana Cina berhasil membawa 3 orangnya menuju antariksa. Tidak hanya itu, diisi juga dengan pertunjukan kembang api yang banyak. Dan yang paling keren, penyalaan api Olympic dengan cara spesial yaitu dengan terbang dan seakan-akan berlari di papan stadion lalu diakhiri dengan penyalaan calderon, yang dirahasiakan tempatnya hingga saat itu, sungguh menakjubkan dan membanggakan.

Saya jadi ingat ketika masih kecil. Sering kemana-mana jalan dan ketemu banyak orang yang berbeda dan mereka suka mengata-ngatai saya " Eh, cina! Mau ngapain lu?" Bahkan untuk ngomong bahasa hokkian di depan teman sekolah, saya pun malu. Saya jadi agak minder juga. Tapi ketika makin beranjak dewasa, Saya makin mengerti Cina bukanlah sebuah ejekan, tapi adalah kebanggaan. Dengan sejarah yang begitu luar biasa dan sekarang merupakan penyimpan devisa terbesar di dunia, sehingga banyak yang bergantung ke negara yang dijuluki Tirai Bambu. Bahasa hokkian menjadi kebanggaan juga. Zaman dimana orang semakin menghargai orang yang mempelajari bahasa, jadi alangkah bodohnya saya merasa malu dahulu. Saya masih ingin melakukan banyak juga. Mempelajari bahasanya dan arti dibelakangnya. Awal bulan ini juga ada album Jay Chou ( I'm his big fans ^^V). Didalam albumnya berisi banyak inspirasi bagi saya. Cara dia memainkan musik, syair yang begitu indah sungguh menakjubkan! Filam-film mandarin juga merupakan jadi pilihan utama setelah Hollywood.

Cuma satu kekurangan dari kita. Kita sebagai orang timur suka serap sana-sini. Bangga kalau bisa bahasa inggris / lainnya padahal bahasa asal/ mama tidak bisa. Aneh! Ikutin cara hidup orang barat, tapi pesta maunya kaya orang timur. Undang orang sebanyak mungkin. Lucu yah!! Jadi ingat teman saya. Kalau jadi mc, bahasa inggris dikeluarkan semua padahal tidak semua pendengar mengerti artinya. Ketika ditanya mengapa kerap melakukan itu, dia hanya menjawab itu sudah kebiasaan. Jadi kebiasaan boleh dihalalkan. Aneh kan! Jadi saya yang suka bahasa hokkian di rumah boleh menggunakan bahasa itu kalau jdi MC. Tentu saja tidak begitu!!!

Saya percaya tiap orang punya kebanggaan mengenai ras. Marilah kita berbangga dengan apa yang sudah ada seperti lirik Jay dalam "Paddy Fragrance" : 珍惜一切 就算沒有擁有(Cherrish all we have, even if we don't posses them).

Let's do it!!

4 komentar:

acendut mengatakan...

gw baca blog lu abis nonton recordnya olimpiade usa vs china.. dibantai beda 31 poin.. hahaha..

tapi total medali yang diambil cina jadi no 1.. maybe they lost in my favourite category of sport but still, my status as a china can't be change and there's only 2 things we can do about it, be proud or be ashamed of it.. I choose the first one of course.. hahaha..

WO SE CUNG KUO REN!!!

and btw gw bangga dari dulu gw bisa bahasa mandarin, banyak temen gw yang bingung kalo gw ngomong bahasa mandarin.. bahasa inggris ok tapi itu umum so nothing to be proud of.. YEAH!!

Anonim mengatakan...

yes, we must proud!!

Makanya g mulai belajar lagi bahasa hokkian, apalagi kl ingat anak les g yg jago bahasa hokkian, bahakan 4 bahasa, tambah mandarin, inggris!!!


SEMANGAT!!!

digikid mengatakan...

Wow wow.... ada les bahasa hokkien disana?

Salam kenal, anak medan yang mother-tounge nya hokkien :D

Salut ada anak cina yang mau belajar hokkien padahal sekarang udah jarang banget :)

apalagi mandarin ;)

Anonim mengatakan...

ya neh.. masi terus berusaha.. cia youuu