Kamis, 19 Februari 2009

MEMUJI ITU JUJUR PADA DIRI SENDIRI

Perhatikan kata-kata berikut dalam bahasa Inggris :
1. Fine
2. Splendid
3. Magnificent
4. Good
5. Cool
6. Outstanding
7. Fantastic
8. Excelent
9. Beautiful
10. Wonderful
11. Great
12. Tremendous
13. Perfect
14. Terrific
15. Incredible
16. Stunning
17. Awesome
18. Impressive
19. Nice
20. Faboluos
21. Remarkable

Dan juga perhatikan kata-kata berikut
1. Dahsyat
2. Baik
3. Bagus
4. Cantik
5. Keren
6. Luar biasa
7. Sempurna
8. Hebat
0. Mantap

Apa sih maksud daftar kata-kata diatas? Yup, bayangin pembedaharaan kata-kata bahasa Indonesia guna memuji orang terlalu sedikit dibandingkan Inggris. Mengapa saya memperbandingkan dengan Inggris? Saya sering menyaksikan acara olahraga. Saya mengerti bagaimana mereka, olahragawan dan manager tim, memuji seseorang itu sangat penting. Mereka menghargai apa yang dicapai oleh orang lain tanpa adanya rasa iri hati. Mereka bisa berbaikan secara fisik, bersalaman dan berdampingan.

Paling jelas kita bisa melihat dari pemilihan presiden di Amerika. Seusai diketahui bahwa pemenangnya adalah Obama, maka Biden langsung memberikan pidato yang berisi memuji kemenangan Obama dan mengajak Obama untuk dapat bekerjasama dalam membangun Amerika. Sungguh sangat indah karena merka bertarung untuk satu tujuan.

Mengapa kita tidak dapat melakukan? Kita juga bersaing di dunia ini dan pada akhirnya semuanya itu dikembalikan untuk kemuliaan Tuhan. Apa kita takut kalau kita memuji seseorang maka orang itu akan makin besar? Sungguh kita mempunyai hati yang sangat dangkal. Kita kadang-kadang tidak jujur pada diri sendiri dan pada akhirnya itu yang menghambat kita sendiri.

Tidak ada rugi dalam memuji seseorang. Ketika memuji suatu hal, kita akan mengagumi apa yang Tuhan sudah perbuat dalamnya dan kita tahu bahwa manusia itu adalah gambar dan ciptaan Allah yang paling sempurna Apakah kita akan kehilangan uang, martabat, derajat, waktu? Saya percaya pujian atau kasih tidak akan habis walaupun Anda terus membagikannya. Justru makin bertambah banyak, yah rasa syukur Anda. Bahkan kita bisa menjadi orang yang luhur jika kita memuji dengan tulus

Pujian sangat berbeda dengan sanjungan. Pujian lebih tulus adanya dan bersikap positif dalam melakukannya sedangkan yang satunya lagi lebih ada maunya dan mengharapkan balasan.

Banyak orang didunia ini membutuhkan pujian yang dikarenakan mereka kekurangan perhatian. Mereka menginginkan seseorang menepuk pundaknya ketika berhasil, menjabat tangan ketika melakukan sesuatu dengan baik, mengacungkan jempol atas usaha mereka.

Biarlah kita terus memuji seseorang, karena hanya orang bodoh yang hidupnya dipenuhi dengan mencerca dan mengkritik yang tiada habisnya.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Iya, inilah yang kurang ditanamkan terhadap bangsa Indonesia, rasa syukur dan menghargai orang lain, jadi malu saya

Anonim mengatakan...

ya neh, kita harus masih banyak belajar mengagumi bahkan memuji orang yang lbh baik daripada kita

tetap semangat!!