Kamis, 08 Mei 2008

PEPERANGAN SEGALA ZAMAN

Di Indonesia baru dilanda kegemaran film china yang baru yaitu Forbidden Kingdom. Mengapa sangat menarik film ini? Karena untuk pertama kali dua aktor laga china yang sangat terkenal disatukan di dalam satu frame, yaitu Jet li dan Jackie chan.

Tapi bukan itu yang saya ingin bagikan. Judul sub-title dari film ini yang menarik, yaitu bertuliskan " The battle for eternity is the fantasy of lifetime". Saya sangat tertarik untuk hal ini. Kemudian saya memikirkan apa bener kata itu. Tetapi di dalam kehidupan saya sebagai seorang kristen, saya merasa kurang baik pernyataan diatas. Bagi orang yang mengerti, pasti tahu bahwa pertarungan untuk kekekalan bukan sebuah fantasi tapi adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi setiap hari selama kita hidup.

Petarungan kekekalan tersebut dimulai dari Zaman adam dan hawa di taman eden, tepatnya pada kejadian pasal ke-3, dimana iblis menjatuhkan manusia pada dosa dengan mengodanya sehingga manusia ragu akan Firman Tuhan. Alangkah indahnya dunia ini jika hanya pada Kejadian 1 dan 2, kalau di alkitab saya adalah merupakan satu kertas pertama, kemudian kertas ke-2 mulai dengan Kejadian 3.Sejak saat itu, terjadilah peperangan segala Zaman yaitu perang antara iblis dan Tuhan juga manusia terlibat didalamnya, dan yang jelas, peperangan itu belum berakhir hingga sekarang kita hidup. Tiap hari kita masih berperang untuk kekekalan, yaitu melawan hawa nafsu, keinginan kita, sehingga peperangan ini adalah real/nyata, bukan sebuah fantasi.

Apakah kita bisa menang? Tentu bisa, Allah telah menyediakan jalan keluar sejak peristiwa di Taman Eden terjadi,

"Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."
Kejadian 3:15

Siapakah keturunan perempuan tersebut? Dialah Kristus, yang merupakan yang lahir bukan dari hawa nafsu laki2 dan perempuan. Jalan keluar yaitu mempercayai Yesus yang adalah Tuhan dan bersandar kepadaNya. Itulah yang harus kita lakukan tiap-tiap hari. Mengingat akan penderitaan Kristus yang juga pernah dicobai oleh keinginanNya tapi Dia menang (Ibrani 4:15)

Yang lucu adalah Iblis selalu memakai cara yang sama sejak dari taman eden hingga sekarang dalam menipu manusia. Di taman eden, iblis mengatakan pada hawa supaya ia meragukan Firman bahkan mengatakan pada hawa bahwa dia bisa jadi Tuhan. Inilah dasarnya manusia melakukan dosa, karena NIKMAT dan tidak menyadari lagi bahwa itu semua yang dia lakukan bertentangan dengan Firman. Dalam perjuangan untuk kekekalan mungkin di tengah jalan terjadi halangan yang membuat kita menyerah karena kita merasa comfort sehingga kita berhenti dalam pertarungan itu. Tapai ingatlah, Yesus mengasihi Anda dan Dia ingin anda menang dalam setiap cobaan, mungkin anda merasa tak mampu, tapi Dia juga ingin anda bersandar kepadaNya sehingga menyadari bahwa anda tidak sendiri dalam perjuangan tersebut!

Selamat berjuang!!!

6 komentar:

Anonim mengatakan...

luar biasa...renungan yg sangat menarik. yg menarik lagi adl asal muasal renungan ini, yaitu film 'Forbidden Kingdom'.

Anonim mengatakan...

wah ahong, ketua pemuda gua dasyat juga neh
doktrinnya.. ...bagus hong....keep it up! keep the fire
burning...

Anonim mengatakan...

Halo chan ....
Pas sekali, baru-baru ini saya membaca sekilas buku yang membahas masalah peperangan ini, biasanya kita sebut dengan nama spiritual warfare.

Dan benar, peperangan ini memang sudah dimulai sejak dulu, dan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai orang Kristen adalah memeranginya, bahkan firman Tuhan dalam Efesus 6:12 jelas mengatakan: "karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara."

Kalau Anda pernah nonton film Constantine, Anda pasti tahu senjata-senjata yang dipakai pembasmi iblisnya, salah satu favoritku adalah "peluru salib", haha ... tapi itu fiksi ...

Yang nyata adalah sebenarnya kita pun punya senjata itu, senjata yang diberikan Allah kepada kita untuk dapat kita gunakan dalam peperangan melawan Iblis, di antaranya adalah firman Tuhan. Jadi berpeganglah pada firman Tuhan dalam berperang melawan Iblis dan pasukan-pasukannya.

Anonim mengatakan...

yup dianpra, kita harus tetap setia dan berperang suatu saat hingg nanti kemuliaan dinyatakan..

keep the fighting spirit

Anonim mengatakan...

Yoi bro...mari kita kalahkan iblis dan sekutu-sekutunya dengan Darah Anak Domba itulah darah Tuhan Yesus Kristus yang tertumpah di kayu salib dibukit golgota, karena darah Tuhan Yesus Kristus dilimpahkan dalam segala Hikmat dan Pengertian.

Anonim mengatakan...

Amin, thanks for the comment