Kamis, 17 April 2008

THREE KINGDOMS : RESSURECTION OF DRAGON


Minggu kemarin saya menonton film yang bagus berjudul THREE KINGDOMS : RESSURECTION OF DRAGON atau biasa dikenal dengan nama sam kok karangan Luo Guanzhong . Kalau merujuk pada buku asli akan menceritakan tenatang pertarungan 3 negara di dataran cina sekitar tahun 400 SM yaitu WEI, SHU, WU, namum pada akhirnya adalah dinasti baru yang akan menguasai dan menyatukan dataran cina yaitu JIN.

Pada film ini hanya menfokuskan cerita tentang pemimpin lima jenderal harimau dari negara shu, yang diperankan oleh Andy lau, Zhao yun ( Qi long) dan perjanjian dia dengan Luo Ping An(Sammo hung). Pada awalnya hanya menceritakan secara cepat bagaimana sam kok ini terjadi dan juga kejayaan dari zhao yun.

di akhir cerita mengisahkan bahwa zhao yun dikalahkan oleh pengkhianatan oleh Luo ping an yaitu seorang teman yang sudah dipercaya dari dahulu, mereka pun pernah melakukan janji bersama supaya tetap setia dan terus berjaya. Namum, Ping an melupakan janji tersebut, sedangkan sang jendral tak pernah melupakan janji itu.

Mengapa Ping an tega malakukannya? karena oleh pihak musuh, Wei, menjanjikan dia akan dibuat menjadi terkenal, tidak seperti di negara Shu yang selalu mengelu-elukan zhao yun, sehingga timbullah irihati. Dia mengatakan satu poin yang penting bahwa dia berperang bukan dengan musuh, tetapi dengan diri dai sendiri yaitu rasa irihati. Dan, pada akhirnya dia kalah oleh rasa itu.Padahal Zhao yun mengakui bahwa dia bisa terkenal sampai begini, ini semua karena Ping an da dia terkenal hanya suatu proses saja, bukan membuktikan dia saja yang berjasa. Perjanjian dihancurkan dengan satu pihak melupakan janji tersebut, bahkan menghianatiinya.

Yah begitulah militer, tetapi dari buku ini sangat banyak menghasilkan strategi-strategi militer yang hingga saat kini masih terkenal!

Di Indonesia, saya mengikutinya melalui komik LEGENDA NAGA, yang mengambil setting pada sam kok, tetapi hanya sedikit saya mengerti, dan lagi-an bukunya sering tersendat karena dalam setahun bisa jadi hanya 2 kali penerbitan, jadi agak lama. bagaimana neh ELEX media? buku conan pun ditahan-tahan! Payah!

Tidak ada komentar: